Butuh Bantuan? Customer Service BorneoEthnic.com siap melayani dan membantu Anda dengan sepenuh hati.
Beranda » » » Kerajinan Anyaman Purun

Kerajinan Anyaman Purun

Ditulis pada: 16 September 2016 | Kategori: ,

Purun Tikus memiliki nama ilmiah Eleocharis dulcis. Masyarakat biasa menyebutnya dengan purun. Purun merupakan tanaman yang khas pada daerah lahan basah. Purun tikus merupakan tanaman air yang banyak ditemui pada tanah sulfat masam dengan tipe tanah lempung atau humus.

tanaman-purun-di-lahan-basah

Tanaman purun yang tumbuh liar di lahan basah. Foto diambil di daerah Palm, Kota Banjarbaru.

Dengan sifatnya yang berserat sehingga cukup kuat, masyarakat menjadikannya sebagai salah satu bahan kerajinan tangan.

Hasil "panen" tanaman purun. untuk proses pembuatan purun

Seorang pria mengangkut hasil “panen” tanaman purun.

Purun yang cukup tinggi dipotong dan dikumpulkan. Kemudian dia dijemur di bawah sinar matahari hingga menjadi kering.

Penjemuran Purun

Penjemuran Purun

Setelah dijemur, purun dipisah-pisahkan untuk diberi pewarna. Pada umumnya warna yang digunakan para pengrajin purun adalah natural, hijau, merah, dan biru. Banyak jenis produk yang dihasilkan dari kerajinan anyaman ini , yaitu tas, tikar, bakul, topi, dan banyak lagi yang lainnya. Berikut adalah beberapa kerajinan tangan berbahan dasar purun.[]

Kerajinan Anyaman Purun | BorneoEthnic.Com

Tags:

Komentar dinonaktifkan: Kerajinan Anyaman Purun

Maaf, form komentar dinonaktifkan untuk produk/artikel ini

Artikel Blog Terbaru

Tabriz Festival

18622424_1651002554928234_434558510131465368_n Ditulis pada: 22 Agustus 2017

Pada tanggal 4-12 Mei 2017, Pujo Nugroho (CEO BorneoEthnic) mendapat undangan untuk mengikuti TTabriz Festival di Iran. Tabriz Festival diselenggarakan oleh IRCICA Turki bekerja sama dengan Univesritas Islam Tabriz. Festival ini menyajikan berbagai kerajinan tangan dari puluhan negara di belahan... Baca selengkapnya »

Kerajinan Anyaman Purun

Penjemuran Purun Ditulis pada: 16 September 2016

Purun Tikus memiliki nama ilmiah Eleocharis dulcis. Masyarakat biasa menyebutnya dengan purun. Purun merupakan tanaman yang khas pada daerah lahan basah. Purun tikus merupakan tanaman air yang banyak ditemui pada tanah sulfat masam dengan tipe tanah lempung atau humus. Dengan... Baca selengkapnya »

Tas Rotan Motif Khas Dayak

Tas Rotan Dayak Ditulis pada: 16 September 2016

Selain tas rotan polos dengan warna natural keseluruhan, tas rotan Kalimantan juga ada yang bermotif (pattern). Kulit rotan yang sudah dipisahkan dengan bagian inti kemudian dipotong untuk disamakan lebar lemabarannya. Kira-kira ukurannya 1 mm. Kulit rotan ini kemudian direndam dengan... Baca selengkapnya »

Tas Rotan Polos Khas Kalimantan

Tas Rotan Bakul dengan Variasi Bunga Ditulis pada: 15 September 2016

Tumbuhan rotan di Indonesia tumbuh di hutan-hutan Kalimantan. Masyarak Kalimantan sangat akrab dengan rotan. Karenanya banyak peralatan rumah tangga yang terbuat dari rotan. Ada lemari, meja, kursi, hingga tas. Tas rotan sendiri di Kalimantan terdiri dari dua jenis berdasarkan coraknya.... Baca selengkapnya »

Membersihkan Tikar Rotan yang Terkena Noda Makanan

tikar rotan Ditulis pada: 5 Maret 2016

Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan produk kerajinan tangan tikar rotan bukan? Suatu bentuk kerajinan tikar yang terbuat dari bahan berkualitas. Walaupun di era yang sudah modern seperti ini produk tikar rotan terbukti masih sangat diminati bahkan ada yang... Baca selengkapnya »